Beranda BERITA UTAMA Selesaikan Kasus Tunggakan SPR, Pemko Padang Tempuh Jalur Hukum

Selesaikan Kasus Tunggakan SPR, Pemko Padang Tempuh Jalur Hukum

167
0
BERBAGI

PADANG – Kasus tunggakan restribusi pajak Sentral Pasar Raya (Padang) sebesar Rp 7,5 miliar memasuki babak baru. Dinas Perdagangan selaku perpanjangan tangan Pemko Padang akhirnya mengambil langkah hukum dalam menyelesaikan kasus yang sudah terjadi sejak tahun 2012 ini.

Kepala Dinas Perdagangan, Andre Algamar mengatakan diambilnya langkah hukum dalam penyelesaian tunggakan pajak manajemen SPR Padang setelah tidak adanya titik terang. Sebelumnya, sebut Andre, koordinasi telah dilakukan, namun karena wanprestasi dikeluarkan surat teguran sebanyak dua kali.

“Pemko Padang sudah menyerahkan persoalan ini ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang. Suratnya sudah diserahkan pada bulan lalu,” tegas Andre melalui pesan WA nya, Senin (7/12/2020).

Sebagai informasi, tunggakan royalti sebesar Rp7,5 miliar dan Pajak Bumi Bangunan (PBB) sebesar Rp900 juta yang dijanjikan akan diangsur pihak manajemen SPR tak juga terealisasi pada Oktober 2020.

Pemko Padang mengklaim sudah tidak menerima lagi retribusi itu sejak tahun 2009, pasca gempa mengguncang Sumatera Barat.
Andre menjelaskan, menarik retribusi di luar pasar tentu harus ada landasan hukumnya dahulu seperti Perwako, ada tanda daftar usahanya, ini belum selesai,” katanya.

Kedua retribusi di dalam pasar. Ikatan pedagang Pasar Raya diketahui tidak lagi beraktivitas sejak 2009 di blok D1, 2 dan 3 karena akses masuk terhambat sejak tahun 2010 atau sudah 10 tahun tak membayar, namun ada beberapa petak yang bayar.(***)

LEAVE A REPLY