Beranda BERITA TERBARU Sidang Paripurna Perdana 2017 DPRD Pasaman

Sidang Paripurna Perdana 2017 DPRD Pasaman

454
0
BERBAGI

Senin, 9 Januari 2017 18:23 WIB

Pasaman, MAKLUMATNEWS.NET – DPRD Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, melaksanakan sidang paripurna pertama dengan agenda penyampaian kegiatan DPRD Pasaman selama 2016 dan rencana kegiatan 2017, Senin 9/01 di aula utama DPRD Pasaman.

Ketua DPRD Pasaman Yasri di Lubuk Sikaping, Senin, mengatakan pada 2016 DPRD setempat telah melaksanakan tugas dan fungsi di bidang legislasi dengan menyepakati sebanyak 23 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda).

“Dari 23 ranperda yang telah disepakati tersebut sebanyak 15 ranperda inisiatif dari Pemkab Pasaman dan delapan ranperda inisiatif DPRD,” ujarnya.

Ia mengatakan selama 2016, ranperda yang diajukan sebanyak 21 dan telah dibahas sebanyak 20 ranperda.

“Satu ranperda lagi dari inisiatif dewan yakni Peningkatan Peranan Perempuan dalam Pembangunan Nagari akan dilanjutkan pembahasannya pada 2017 ini. Ini perlu kajian yang mendalam,” katanya.

Selain itu, imbuhnya DPRD Pasaman juga telah menjalankan fungsi anggarannya dengan mengesahkan Ranperda Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2016 dan Ranperda APBD 2017.

“Selanjutnya, dalam melaksanakan pengawasan pihak DPRD telah melakukan peninjauan dan kunjungan kerja ke kecamatan-kecamatan terhadap Program Kegiatan 2016,” katanya.

Menurutnya, pihaknya juga telah menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat dalam bentuk hearing/rapat kerja dengan stakeholder terkait.

“Dengan demikian permasalahan yang disampaikan dapat tuntas dan diselesaikan dengan arif dan bijaksana,” ujarnya.

Sementara itu untuk tahun 2017 ini, pihaknya segera menuntaskan sebanyak 17 ranperda yang terdiri dari 11 ranperda inisiatif Pemkab Pasaman dan enam dari inisiatif dewan.

Sebelas ranperda inisiatif Pemkab Pasaman yang akan dibahas tersebut yakni Ranperda Urusan Kewenangan Pemerintah Daerah, Pengelolaan Barang Daerah, Perubahan tentang Pajak Daerah, Perubahan tentang SIUP, Perubahan tentang Pendidikan Gratis, Perubahan tentang Pengelolaan Zakat, Perubahan tentang Wajib Baca Tulis Al Quran, Perubahan tentang Pakaian Muslim dan Muslimah, Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2016, Perubahan APBD 2017 dan APBD 2018.

Sementara itu enam Ranperda inisiatif dewan yakni Ranperda Hari Jadi Kabupaten Pasaman, Penanggulangan Kemiskinan, Ketahanan Keluarga, Penanaman Modal, Ruang Terbuka Hijau dan Tata Cara Pembentukan Produk Hukum Nagari. (Afzal)*

LEAVE A REPLY