Beranda BERITA TERBARU Situs Lelang Perawan, Psikolog: Mengoyak Prinsip Integritas Tubuh

Situs Lelang Perawan, Psikolog: Mengoyak Prinsip Integritas Tubuh

340
0
BERBAGI

JAKARTA-maklumatnews.net- Psikolog Forensik Reza Indragiri menilai lelang perawan yang ditawarkan oleh situs nikahsiri.com telah mengoyak prinsip integritas tubuh, karena menciptakan agen-agen yang bisa memiliki dia paras.

“Pertama katanya, mucikari. Kedua, pedagang manusia. Keduanya sama-sama bisa dipidana,” ujarnya melalui pesan singkat kepada wartawan, Minggu (24/9/2017).

Reza menjelaskan, menjadikan keperawanan sebagai komoditas sebenarnya mengandung logika yang mirip dengan yurisprudensi hukum yang dibuat oleh Hakim Bismar Siregar dalam kasus perkosaan. Keperawanan, oleh Hakim Bismar, dianalogikan sebagai barang yang dicuri dalam Pasal 378 KUHP.

“Bedanya, dalam bisnis lelang keperawanan, dan kawin kontrak ini, keperawanan diposisikan sebagai barang yang memiliki nilai jual-beli (bukan sebagai barang yang dicuri),” katanya.

Melansir isi dari situs nikahsiri, lelang perawan merupakan tradisi Indonesia yang hampir punah. Sehingga mereka berdalih membuat program lelang perawan tersebut untuk melestarikan budaya asli Indonesia yang ketimuran dan adiluhung.

Reza melihat bisnis lelang perawan di situs nikahsirri mendorong keperawanan untuk dijadikan komoditas. “Mereka yang larut dalam pola hidup konsumtif dan sangat kuat dipengaruhi oleh teman sebaya jelas merupakan kelompok rentan,” papar Reza.

sindonews
(ysw)

LEAVE A REPLY