Beranda BERITA TERBARU SMAN 15 dan SMAN 11 Lantik Pramuka Penegak Bantara

SMAN 15 dan SMAN 11 Lantik Pramuka Penegak Bantara

619
0
BERBAGI
Dr Adzanil Prima Septy, Pelatih Pusdiklat Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padang

PADANG, MAKLMUMAT NEWS. Sejalan dengan pelaksanaan kegiatan pramuka sebagai ekstra kurikuler wajib di SMAN 15 Pauh dan SMAN 11 Bungus Teluk Kabung Kota Padang, Gugusdepan Pramuka yang berpangkalan di kedua sekolah tersebut telah melaksanakan kenaikan tingkat golongan Penegak Bantara bagi anggota pramuka binaannya yang telah menyeselaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU). Pelantikan kenaikan tingkat tersebut merupakan wujud dari penyelenggaraan pendidikan karakter melalui kepramukaan di kedua sekolah tersebut. Pembina pramuka SMAN 15 Nila Kusuma S.Pd. yang juga guru pada sekolah tersebut mengatakan sebanyak 18 orang yang terdiri dari 16 pramuka puteri dan 2 pramuka putera yang dinaikkan tingkatannya, karena mereka dinilai telah cukup cakap untuk menyandang tugas dan tanggung jawab sebagai kader pembangunan bangsa di masa depan. Kegiatan diawali dengan penjelajahan yang dimulai dari lapangan SMAN 15 Pauh dan berakhir di SKB Padang Besi pada Kamis sore sampai malam tanggal 5 Mei 2016. Kak Nila berpesan agar semua pramuka SMAN 15Padang khususnya yang telah dilantik menjadi contoh teladan dalam berbagai hal bagi teman-temannya yang lain baik di sekolah maupun di masyarakat.

Di sisi lain, Pembina Pramuka SMAN 11 Bungus Teluk Kabung, Darman Satria Putra S.Pd, menyampaikan sebanyak 27 orang anggota pramuka binaannya telah menyelesaikan SKU tingkat Penegak Bantara pada kesempatan ini, masing-masingnya terdiri dari 11 orang putera dan 16 puteri. Kegiatan pelantikan diisi dengan penjelahan dari lapangan SMAN 11 Bungus menuju area perkemahan Pulau Tabek Kelurahan Bungus Timur Kota Padang pada Sabtu sore sampai dan Minggu pagi, 7-8 Mei 2016. Disepanjang perjalanan anggota pramuka melakukan kegiatan bakti masyarakat berupa gotong royong pembersihan mushalla, muhasabah (renungan), dan latihan keterampilan pertolongan pertama pada kecelakaan (PPPK). Kegiatan berakhir pada Minggu siang (8 Mei 2016) dan semua anggota pramuka kembali ke SMAN 11 Bungus sebelum menuju rumah masing-masing. Pada kesempatan tersebut, kak Darman berpesan agar adik-adik pramuka selalu berupaya untuk meningkat prestasi di berbagai bidang sehingga menjadi kader pembangunan yang handal bagi Indonesia. Anggota pramuka juga diharapkan dapat meningkatkan kesidiplinan diri, karena kedisiplinan merupakan kunci suskes dalam kehidupan kelak, tambahnya.

Pelatih dari Pusdiklat Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padang, Dr. Adzanil Prima Septy M.Pd, yang hadir pada kedua kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari penilaian terhadap Pembina Pramuka yang telah menyelesaikan Kursus Mahir tingkat Lanjutan (KML) yang diselenggarakan olek Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padang pada awal tahun 2016 ini. Kebetulan kedua kakak Pembina tersebut berada di dalam pengawasan dan penilaian saya, kata Adzanil. Dengan kehadiran pelatih pendamping, kakak-kakak Pembina mendapatkan bimbingan dan arahan dalam mempersiapkan diri menjadi Pembina pramuka yang handal, tambahnya. Banyak persoalan teknis maupun non teknis yang ditemui di lapangan, dan melalui bimbingan teknis di lapangan seperti ini pula para Pembina dapat menambah rasa percaya diri, pengalaman dan wawasannya dalam penyelengarakan kegiatan pembinaan kepada anggota pramuka, imbuh Adzanil. Dalam kesempatan terpisah, Syofyan Effendi, Sekretaris Pusdiklat Kwarcab Gerakan Pramuka Padang menambahkan kegiatan praktek membina oleh para Pembina lulusan kursus pramuka yang berada dibawah pengawasan pelatih-pelatih senior merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas para Pembina Pramuka di Kota Padang. Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kota Padang dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui kepramukaan bagi generasi muda, khususnya di Kota Padang (*son)

LEAVE A REPLY