Beranda BERITA TERBARU Sukseskan MNEK 2016, Warga Agar Dukung Lewat K3

Sukseskan MNEK 2016, Warga Agar Dukung Lewat K3

479
0
BERBAGI

MAKLUMATNEWS.NET,( PADANG)  – Helat akbar Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016 sudah di depan mata. Latihan perang angkatan laut 40 negara di dunia ini menjadi momen untuk memperkenalkan Kota Padang ke mata dunia. Karena itu Pemerintah Kota Padang berharap seluruh warga memberikan dukungan lebih terhadap suksesnya MNEK 2016 tersebut.

“Karena kegiatan ini mendatangkan banyak orang, kita harapkan dukungan warga masyarakat agar helat besar ini sukses,” kata Sekretaris Daerah Kota Padang, Nasir Ahmad usai menggelar rapat persiapan MNEK 2016 bersama TNI AL di ruang kerjanya di Balaikota, Selasa (5/4).

Dukungan yang paling diharapkan dari masyarakat yakni meningkatkan Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3). Masyarakat diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan. Termasuk menjaga kenyamanan para peserta MNEK yang datang ke Pantai Padang.

“Terkait K3, kita mohon dukungan masyarakat untuk menjaganya,” imbuh Sekda.

Dalam rapat persiapan MNEK 2016 sore itu, seluruh peserta rapat membahas rundown kegiatan MNEK selama lima hari, 10-14 April. Terlihat hadir dalam rapat tersebut, Wadanlantamal II Padang, Kolonel Laut, Widhy beserta jajarannya. Juga tampak Asisten II Setdako Padang, Eyviet Nazmar, Asisten III Setdako Corri Saidan, Kadisbudpar, Medi Iswandi, Kabag Humas dan Protokol, Mursalim, serta lainnya.

Pada 10 April nanti, acara penyambutan kedatangan seluruh delegasi di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) serta ‘Ice Breaking’ di Pangeran Beach Hotel pada 11 April malam harinya.

Puncak kegiatan MNEK akan diawali pada Selasa (12/4). Kawasan Pantai Muaro Lasak menjadi tempat fokus tujuan acara. Yakni peresmian sekaligus penandatanganan Monumen Merpati Perdamaian oleh Presiden RI dengan seluruh delegasi negara peserta. “Monumen ini sudah disiapkan oleh Lantamal II,” ungkap Nasir Ahmad.

Selain itu di hari yang sama juga digelar pertandingan eksebishi ‘Beach Soccer’ yang diikuti seluruh peserta MNEK. Lapangan di Pantai Muaro Lasak juga tengah disiapkan. “Kawasan ini dan Danau Cimpago nantinya akan kita sterilkan,” beber Sekda.

Danau Cimpago nantinya juga akan dijadikan lokasi finish kirab kota. Dimana kirab ini dimulai dari depan Kantor Gubernur Sumbar hingga Danau Cimpago. “Jalur kirab seperti di jalan A. Yani, Olo Ladang, Purus Tiga hingga Danau Cimpago akan dibenahi dan dikosongkan. Di Danau Cimpago juga akan ada panggung yang menerima seluruh pasukan kirab,” sebut Sekda.

Kegiatan City Tour juga dilaksanakan pada hari yang sama. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengunjungi Museum Adityawarman, Jembatan Sitti Nurbaya, Klenteng, Masjid Raya Sumbar, serta lokasi lainnya.
“Termasuk, sebanyak 500 siswa SMA/SMK akan melakukan ‘joy sailing’ dengan KRI Bintuni di Teluk Bayur,” ungkap Nasir Ahmad.

Pada Rabu (13/4), dilakukan Festival Marandang di Danau Cimpago. Pada malam harinya juga akan ada panggung prajurit di lokasi ini. “Ini merupakan bagian penting yang mesti kita siapkan,” papar Sekda.

Begitu pula dengan kegiatan eksebishi selaju sampan di Banda Bakali serta Fun Bike. “Untuk fun bike ini memulai star dari Grand Inna Muara Hotel menuju Muaro Lasak dengan panjang jarak tempuh sekitar 4,5 Kilometer,” tutup Sekda.(Charlie / Mursalim/Chan)

LEAVE A REPLY