Beranda BERITA TERBARU SUMBAR SIAP MEMBERI BANTUAN KE aCEH

SUMBAR SIAP MEMBERI BANTUAN KE aCEH

464
0
BERBAGI

SUMBAR,-MAKLUMATNEWS.NET–Hari ini Tim Bantuan Gabungan Sumatera Barat telah sampai di Pidie Jaya setelah melakukan perjalanan darat selama 1 hari (10/12). Tim ini tiba hari Minggu 11 Desember 2016 pukul 11.30 wib melalui jalur darat dan langsung disambut oleh bapak Wakil Gubernur Sumatera Barat yang telah tiba duluan di Pidie Jaya dan disambut oleh bapak Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya beserta jajarannya.

Tim Sumbar membawa bantuan Logistik permakanan berupa satu ton rendang yang merupakan sumbangan dari masyarakat Sumatera Barat peduli Korban Gempa Aceh 6,5 SR yang terjadi pada 7 Desember 2016.

Selain bantuan logistik, untuk pemenuhan suplai air bersih Tim Sumatera Barat juga membawa bantuan empat unit tangki air dari PMI. Personil juga di kerahkan guna membantu dalam pemulihan darurat pasca gempa. Dilain itu Pemerintah Sumatera Barat juga memberikan bantuan dana sebesar 450juta yang diserahkan langsung oleh bapak Wakil Gubernur Sumatera Barat kepada bapak Bupati Pidie Jaya pada pagi tadi.

Tim Medis Darurat sebelumnya juga telah dikerahkan disaat hari pertama gempa. Tim ini berasal dari tenaga profesional medis Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Menurut Koordinator Tim Medis – Indra Feri, timnya terdiri dari Tenaga Ahli Bedah Ortopedi 2 orang, Perawat OK/ Kamar Operasi 1 orang, Perawat Umum 9 orang dan Sanitarian 1 orang.

Menurut Indra Feri Ramli – Tim Bantuan Medis dari Dinkes Sumbar, respon medik berjalan lancar, layanan dasar tidak terganggu serta layanan rujukan berjalan walau rumah sakit RSUD pidie Jaya alami rusak berat, namun sudah di back-up oleh RSU Lapangan Mabes TNI. Meski ada kekurangan di beberapa bagian, program yang akan dijalankan berupa antisipasi rehabilitasi medik pasca gempa, tindakan dan klub penyakit menular terutama di lokasi pengungsian dan trauma healing harus jalan dan pengawasan ketat pemberian susu formula di daerah pengungsian.

Dilaporkan juga oleh Ketua Tim Bantuan Sumbar ini R. Pagar Negara berasal dari BPBD Sumbar, bantuan yang berupa logistik, peralatan dan personil telah diterima di Posko Utama yang berada di Kantor Bupati Pidie Jaya. Kita berkoordinasi kepada Komandan Posko untuk mendapatkan arahan selanjutnya. Enam Personil dari BPBD Sumbar, 4 Personil dari PMI, dan juga Tenaga Medis Dinas Kesehatan Sumbar akan bergerak membantu sesuai arahan dari Posko Utama. (gst/H)

LEAVE A REPLY