Beranda BERITA TERBARU TdS Etape 3, Pembalap Dimanjakan Keindahan Enam Objek Wisata Limapuluh Kota

TdS Etape 3, Pembalap Dimanjakan Keindahan Enam Objek Wisata Limapuluh Kota

256
0
BERBAGI

LIMAPULUH KOTA -maklumatnews.net- Tour de Singkarak (TdS) Etape 3 yang mengambil star di kawasan Air Terjun Aka Barayun, Lembah Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, resmi dilepas Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit didampingi Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dan unsur Forkopimda, Senin (4/11) sekira pukul 10.00 Wib.

Dalam Etape tersebut, 94 pembalap tersisa dari berbagai negara yang menjadi peserta pada ivent balapan sepeda kesebelas itu dimanjakan dengan pemandangan alam nan indah yang ada di Kabupaten ini.

Pasalnya, berdasarkan rute yang telah ditetapkan, puluhan pebalap dari berbagai team tersebut setidaknya akan melewati 6 objek wisata kabupaten Limapuluh Kota, sebelum finish di Kota Hujan, Padang Panjang.

Keenam objek wisata adalah Lembah Harau, Fly Over Kelok Sembilan, Bukik Bulek Taram, Kapalo Banda, Batang Tabik dan BPTU Padang Mengatas.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumbar dalam sabutannya mengatakan, pada Etape 3 pembalap akan menempuh jarak tempuh yang cukup panjang, yakni 125,6 KM. Namun dari rute tersebut para peserta bakal dimanjakan dengan pemandangan-pemandangan alam yang luar biasa.

“Lintasan etape per etape TdS memang direkomendasikan melewati banyak tempat objek wisata. Tujuannya, agar potensi kepariwisataan tepat sasaran dalam mempromosikan potensi wisata di masing-masing daerah,”ujarnya.

Bahkan ditahun ini, daerah luar propinsi sumbar ikut serta memerihakan Tds, seperti Jambi yang masuk pada etape VIII di Kerinci. “Ini membuktikan bahwa TdS sangat tepat sebagai ajang promosi wisata,”jelasnya.

Sementara itu, bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengajak seluruh lapisan masyarakat memeriahkan TdS tahun 2019 di kabupaten yang dipimpinya. Harapannya, melalui TdS ini akan mendongkarak kunjungan wisatawan mancanagera ke daerahnya.

“TdS bermanfaat terhadap kemajuan wisata daerah, kita yakin melalui ajang ini, kunjungan wisman semakin meningkat lagi, terbukti dari tahun ke tahun kunjungan terus meningkat di objek wisata unggulan Limapuluh Kota,”ujarnya.

Berikut rute yang dilalui pembalap pada etape 3, star di kawasan Air Terjun Aka Barayun, melintasi Sarasah Buntah, kemudian melewati jalan baru yang keluar dari simpang dinas perikanan. Sesampai di gerbang luar Harau peserta akan belok kiri menuju Kelok Sembilan dan sesampainya di sana akan kembali putar balik melintasi Kantor Bupati Limapuluh Kota, Tanjung Pati, Batu Balang, Taram dan melintasi kawasan Pasar Taram dan Andaleh.

Setelah Andaleh, selanjutnya peserta belok kiri menuju arah Lintau, kemudian belok kanan arah Padang Mangateh, Denzipur, selanjutnya menuju Simpang Tanjuang Kaliang, kemudian Labuah Basilang menuju simpang ngalau menuju Agam dan finish di Padang Panjang.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan berbagai permainan rakyat atau anak nagari, dan seni tradisi. Seperti pacu itiak, doorprize dan hiburan dari artis Ajo Buset.

“Selamat menikmati keindahan alam yang ada di kabupaten Limapuluh Kota, ini akan memberikan dampak positif bagi kemajuan wisata kita,”pungkas Irfendi. (Rel/FS)

LEAVE A REPLY