Beranda DAERAH Terima Bantuan Alsintan, Program Bajak Gratis Diundur

Terima Bantuan Alsintan, Program Bajak Gratis Diundur

265
0
BERBAGI

 

Tanah Datar, Maklumat News

Selang beberapa hari lalu 30 unit handtractor telah diterima Keltan di Tanah Datar dari dana Pokir anggota DPRD Sumatera Barat dari Fraksi PKS Budiman Dt. Malano Garang, Senen kemaren kembali 77 unit bantuan Alsintan diterima bupati Eka Putra.

Adalah Senator Jefri Masrul, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari fraksi Partai Demokrat yang merupakan putra asli Lintau ini juga mengalokasikan sebahagian dana pokirnya untuk petani melalui kelompok tani yang ada di Kabupaten Tanah Datar.

Dikatakan Jefri Masrul, “Bantuan Alsintan ini untuk kelompok tani yang berjumlah sebanyak 77 unit terdiri dari 38 Handtractor, 15 unit Cultifator, 13 unit Pompa Air, 10 unit Konseler serta 1 unit Komben Mini”.

“Bantuan ini berasal dari dana pokir anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Demokrat dan pembagiannya akan diberikan kepada kelompok tani yang ada di kecamatan se- Tanah Datar. mudah-mudahan bantuan Alsintan ini bisa dimanfaatkan oleh kelompok tani untuk meningkatkan hasil pertanian bagi masyarakat,” harap Jefri.

“Selain itu, dana pokir juga dialokasikan untuk bantuan bibit jagung kepada 7 (tujuh) kelompok tani dan bantuan bibit bawang untuk 4 (empat) kelompok tani yang akan segera digulirkan oleh Dinas Pertanian Provinsi untuk masyarakat Kabupaten Tanah Datar”, sampai Jefri Masrul

Sementara Bupati Eka Putra pada kesempatan yang sama secara pribadi dan sebagai pimpinan daerah mengucapkan terimakasih kepada anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Partai Demokrat Jefri Masrul, yang menurutnya telah melaksanakan janji-janji kampanyenya dulu ketika mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Provinsi.

“Bantuan alsintan sebanyak 77 unit ini luar biasa dan untuk itu diharapkan kepada kelompok tani untuk tidak monopoli dalam pemakaiannya nanti, serta juga diingatkan terkait bagaimana pemeliharaannya nanti”.

“Sektor pertanian mempunyai peranan penting terhadap perekonomian di kabupaten Tanah Datar, pada tahun 2020 sektor pertanian memberikan kontribusi terhadap PDRB sebesar 29,81 %, sehingga pembangunan pertanian menjadi prioritas”, urai Eka Putra.

“Hal itu sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Tanah Datar Tahun 2021-2026, yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Tanah Datar dan perluasan lapangan kerja yang berbasis pertanian, industri dan UMKM”.

Eka Putra di kesempatan itu juga mengatakan bahwa janji politiknya saat mencalonkan diri sebagai Bupati di Kabupaten Tanah Datar tentang “Bajak Gratis” bagi para petani baru bisa dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang.

Penyerahan yang berlangsung di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar juga dihadiri Anggota DPRD Tanah Datar dari fraksi Partai Demokrat Nurhamdi Zahari, Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Pertanian Yulfiardi, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, anggota kelompok tani dan undangan lainnya.  (pinos/r)

LEAVE A REPLY