Beranda BERITA TERBARU Tiga Kualitas Penting Calon Pemimpin di Bidang Ekonomi Versi BI

Tiga Kualitas Penting Calon Pemimpin di Bidang Ekonomi Versi BI

360
0
BERBAGI

JAKARTA-maklumatnews.net

Di tengah dinamika perekonomian global yang semakin kompleks serta keterkaitannya dengan berbagai isu sosial dan politik dunia, terdapat 3 kualitas yang perlu dimiliki oleh para calon pemimpin di bidang ekonomi. Pertama yakni kemampuan untuk melihat permasalahan secara menyeluruh dan melihat konektivitasnya dengan permasalahan atau lembaga lain (beyond boundaries).

Kedua, kemampuan untuk berada di depan, membuat perubahan agar tercapai solusi yang antisipatif. “Ketiga, untuk menciptakan suatu solusi bersama dan kolaboratif, dengan lembaga terkait lainnya,” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam acara BI Institute Leadership Forum seri Kedua yang bertemakan ‚ÄúDiplomasi Ekonomi: Dinamika Dan Isu Terkini Politik-Ekonomi Internasional‚ÄĚ di Jakarta, Kamis (3/11).

BI Institute Leadership Forum sendiri merupakan forum rutin yang membahas berbagai permasalahan strategis perekonomian Indonesia baik yang terkait dengan dinamika perekonomian global maupun domestik yang hasilnya diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan ekonomi dan pembangunan bangsa.

Menurut Perry, Forum ini juga membahas pentingnya peran pemimpin sebagai pembuat perubahan (game changer) yang melahirkan inovasi dan terobosan dalam merespon berbagai permasalahan di atas di tengah dinamika bangsa dan ketidakpastian global saat ini.

Dalam BI Institute Leadership Forum seri kedua ini, antara lain didiskusikan mengenai Isu sosial politik dan ekonomi international serta hubungan saling keterkaitan berbagai isu tersebut saat ini, strategi komunikasi diplomasi Indonesia dalam kancah global, diplomasi ekonomi termasuk prinsip-prinsip berdiplomasi, dan potret dan posisi Indonesia dalam kancah global.

Hadir sebagai pembicara utama yaitu Dr. R.M. Marty M. Natalegawa, Menteri Luar Negeri Periode 2009-2014. Forum dihadiri oleh perwakilan dari kementerian serta lembaga pemerintah, akademisi, asosiasi-asosiasi, BUMN, praktisi perbankan, dan dunia usaha.

Pada Leadership Forum seri kesatu sebelumnya (9/5) diskusi mengangkat tema mengenai Dinamika Ekonomi Regional Dan Global: Suatu Tantangan, Sekaligus Kesempatan Bagi Indonesia, yang menghadirkan Prof. J. Soedradjad Djiwandono sebagai narasumber dan menghasilkan telah menghasilkan buku hasil diskusi forum dimaksud.

Sebagai wujud partisipasi aktif Bank Indonesia dalam peningkatan kapasitas SDM bangsa, dalam kesempatan acara tersebut, Deputi Gubernur Bank Indonesia menyerahkan buku BI Institute Leadership Forum seri kesatu kepada perwakilan peserta yang hadir.

“Melalui diskusi dalam forum ini diharapkan peserta kegiatan dapat memperoleh wawasan dan pemahaman yang dalam mengenai dinamika sosial politik dan ekonomi internasional dari narasumber /tokoh bangsa yang mengalami liku-liku diplomasi internasional dan memimpin di berbagai forum internasional,” harapnya.

 

sindonews
(akr)

LEAVE A REPLY