Beranda BERITA TERBARU Tingkatkan Inovasi Kerajinan Bambu, Lurah Sapaku Tanda Tangani MoU Dengan CAK Datuk

Tingkatkan Inovasi Kerajinan Bambu, Lurah Sapaku Tanda Tangani MoU Dengan CAK Datuk

323
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Nazril Ardi Wiranata, S.Ip, Lurah Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang atau yang lebih di kenal dengan Sapaku ingin meningkatkan kesejahteraan pengrajin bambu yang ada di kelurahan Sapaku. Untuk itu Lurah melaksanakan Penandatanganan MoU dengan pendiri CAK Datuk Wilmara Roshady dalam inovasi di kampung pengrajin bambu pada Senin, 9 April 2018 di Kantor Lurah Sapaku.

Lurah yang dekat dengan masyarakat ini mengatakan Tujuan MoU ini untuk memajukan kampung pengrajin bambu Kelurahan Sapaku sehingga tidak hanya mengembangkan songkok poriang saja.

“Kita tidak akan fokus lagi ke songkok poriang, tapi lebih ke arah aneka kerajinan bambu sehingga pemuda pemudi dan ibu-ibu RT bisa ikut berperan dlm membuat aneka kerajinan yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan income perkapita masyarakat,” ujarnya

Wilmara Roshady, pendiri Cak Datuk yang juga sebelumnya menjadi narasumber dalam sosialisasi inovatif di kelurahan Sapaku mengatakan MoU ini berlaku sebagai payung atau wadah yang terarah sehingga pengembangan produk menjadi lebih kompeten dan bermuara pada saluran distribusi yang jelas.

“Tidak ada alasan bagi warga sapaku untuk merasa demotivasi lagi karena besar kemungkinan akan lebih merangsang niatan menciptakan design bambu dengan nilai tambah secara ekonomis dan mampu memenuhi ekspektasi global di kancah internasional,” tuturnya.

Lurah sapaku berharap dengan adanya MoU ini, kedepannya kampung pengrajin bambu memang sesuai dengan labelnya harus benar-benar muncul sebagai sentra kerajinan bambu, sehingga bisa menjadi penyangga kegiatan pariwisata dengan hadirnya pusat belanja oleh-oleh khas kerajinan bambu.

“Seperti di Bandung ada sentra kerajinan sepatu Cibaduyut atau di tempat lainnya yang memang sudah memiliki ikon-ikon tersendiri. Kita pasti bisa karena masyarakat punya potensi,” tutupnya. (FS)

LEAVE A REPLY