Beranda BERITA TERBARU Tradisi Terhenti, Jenazah Raja Thailand Tak Dimasukkan ke Guci Emas

Tradisi Terhenti, Jenazah Raja Thailand Tak Dimasukkan ke Guci Emas

312
0
BERBAGI

BANGKOK-MAKLUMAT NEWS.net

Jenzah Raja Thailand Bhumibol Adulyadej tidak akan dimasukkan ke guci emas setelah dikremasi nanti. Hal ini berbeda dengan tradisi sebelumnya, di mana jenazah para bangsawan Thailand yang sudah dikremasi, abunya dimasukkan ke guci emas.

Terhentinya tradisi kuno Thailand itu dikonfirmasi para pejabat Grand Palace (istana Thailand), pada Sabtu (29/10/2016). Menurut mereka, jenazah Raja Bhumibol akan ditempatkan di peti mati dengan guci di dekatnya sebagai simbolis.

Belum jelas kapan kremasi jenazah Raja Bhumibol dilangsungkan. Sebelum ritual kremasi dilangsungkan, puluhan ribu warga Thailand berkumpul di sekitar Grand Palace.

Mereka berharap bisa memberikan penghormatan terakhir, karena meyakini jenazah raja mereka akan dikremasi dan dimasukkan ke guci seperti tradisi yang sudah berlangsung di negara itu.

Raja Bhumibol, 88, meninggal dunia pada 13 Oktober 2016 setelah memerintah selama tujuh dekade. Pemerintah junta militer yang memimpin Thailand telah menyatakan periode berkabung selama setahun untuk menghormati Raja Bhumibol, yang secara resmi dikenal sebagai Rama IX.

Banyak warga Thailand mengenakan busana hitam saat tiba di istana untuk memberikan penghormatan. Wakil juru bicara polisi Thailand, Mayjen Sonpol Wattanachai kepada Reuters mengatakan, sekitar 80.000 pelayat tiba di istana pada hari Sabtu pagi.

Menurut pihak berwenang Thailand, rata-rata 10.000 pelayat diizinkan memasuki Dusit Maha Prasat Throne Hall, di dalam istana, setiap harinya.

”Saya siap sekarang untuk masuk dan memberi penghormatan terakhir kepada raja kami, karena ini akan menjadi yang terakhir kalinya bagi kami untuk mengungkapkan kesedihan kami,” kata seorang pelayat, Waewwan Iimsud, 42, yang antre untuk memasuki aula.

Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, 64, belum bersedia naik takhta karena meminta waktu untuk berkabung. Namun, Perdan Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha—mantan pemimpin junta militer—mengatakan waktu berkabung Putra Mahkota bisa berlangsung hingga 15 hari.

Sedangkan penobatan Putra Mahkota sebagai Raja Thailand  tidak dapat berlangsung sampai jenazah Raja Bhumibol dikremasi, yang kemungkinan dilakukan setelah setahun.

 

sindonews
(mas)

LEAVE A REPLY