Beranda BERITA TERBARU Tulang Punggung Bangsa” Panti Asuhan Annisa”

Tulang Punggung Bangsa” Panti Asuhan Annisa”

1008
0
BERBAGI

Padang-Maklumatnews.net-Anak-anak merupakan tunas generasi muda mendatang yang menjadi tulang punggung bangsa dan pembangunan ummat. Anak -anak adalah anugerah terindah dan sekaligus amanat Allah SWT yang wajib dijaga, dididik, dilindungi, diayomi, dicintai, dan diberikan kasih sayang, tentunya itu semua sebagian besar dilakukan oleh orang tua di dalam sebuah keluarga.

Kita sadari bersama bahwa keluarga adalah fondasi bangunan umat. Kelurga dapat menentukan bagaimana masa depan suatu ummat dan bangsa. Keluarga pulalah yang menjadi ujung tombak dalam perbaikan dan pendidikan masyarakat.

Tapi, bagaimana denga anak-anak yatim, piatu, yatim piatu, anak-anak terlantar dan anak-anak dari krluarga kurang mampu? Apakah mereka akan mendapatkan semua itu? Apakah mereka akan mempunyai keluarga yang menopang kehidupan mereka? Sementara itu  Negara belum dapat memberikan hak-hak mereka.

Mengingat kondisi bangsa Indonesia saat ini yang terpuruk sejak tahun 1997, yaitu dengan adanya krisis multidimensiaonal yang berkepanjangan berakibat semakin bertambahanya masyarakat miskin dan anak-anak terlantar. Begitu pula dengan kehidupan akhlak yang semakin lama semakin dangkal, sehingga di berbagai tempat terlihat masyarakat dhua’fa yang atas kemampuannya tidak lagi mempunyai daya untuk menghidupi diri sendiri, akibatnya kuantitas kerawanan dan penyakit masyarakat semakin meningkat.

Untuk mengurangi tingkat kerawanan tersebut salah satu solusi yang direspon masyarakat adalah dengan mendirikan Panti asuhan sebagai “keluarga” yang memfokuskan kelangsungan hidup bagi anak-anak yatim, piatu, yatim piatu, anak-anak terlantar dan anak-anak keluarga kurang mampu dengan memberikan pendidikan yang layak, perlindungan, dan kasih sayang bagi mereka. Panti Asuhan memang bukan tempat terbaik bagi mereka, tapi harus kemana lagi mereka? Setidaknya tempat itulah yang dapat memeberikan makna sebuah “keluarga” dan penghidupan bagi mereka.

Panti Asuhan Annisa adalah salah satu dari sekian banyak panti asuhan. Namun, peradapannya memberikan secercah harapan bagi “Anak Negara”. Tidak hanya itu, dengan berdirinya Panti Asuhan Annisa turut memberikan andil dalam pengamalan Pancasila dan UUD 1945. Tentunya yang lebih penting lagi adalah sebagai salah satu wujud pengamalan Al Qur’an dan wujud penghambaan kepada Allah Ta’ala. Sungguh akan menjadi sebuah kemuliaan tersendiri apabila dapat terlibat didalamya “Sungguh janji Allah tidak pernah teringkari”.

Dengan demikian mereka siap menjadi generasi muda yang handal dan setelah terjun ke masyarakat mereka telah memiliki bekal yang memadai untuk berinteraksi di masyarakat. Kondisi fisik dan mental juga sangat berpengaruh untuk menunjang kesuksesan mereka, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh pergaulan yang salah. Seperti pemakaian obat-obat terlarang dan narkotika yang sangat membahayakan.

 

Desi Patmawati, S.Pd. selaku kepala Panti Asusuhan Annisa mengatakan kepada tim kupasnews (13/03/18), Panti Asuhan Annisa yang mempunyai anak asuh sebanyak 40 orang, diantara mereka ada yang yatim piatu. Empat orang anak Panti Asuhan Annisa bersekolah di SMP, empat orang sedang menggikuti kuliah di Universitas Eka Sakti (UNES), dan 32 orang ditingkat SMA, katanya.

Sedangkan Kegiatan mereka pada hari libur atau hari Minggu, anak-anak membaca al-qur’an dan setiap waktu shalat tiba mereka shalat berjama’ah, kemudian pada hari Senin dan Kamis mereka Puasa Sunnah, tutupnya.

Tim/cs

LEAVE A REPLY