Beranda DAERAH Uni Payakumbuh Baktikan Diri Jadi Penggiat Anti Narkoba

Uni Payakumbuh Baktikan Diri Jadi Penggiat Anti Narkoba

305
0
BERBAGI

Payakumbuh -www.maklumatnews.net- Yulidarnis, AMd Keb atau yang lebih biasa dikenal dengan nama Iyung Sikumbang adalah seorang bidan di kelurahan Tanjuang Pauah kecamatan Payakumbuh Barat.

Dengan profesinya sebagai bidan, Yulidarnis sangat tahu banyak tentang kesehatan dan hal-hal yang berkaitan dengan medis.
Atas dasar inilah Iyung melibatkan diri menjadi penggiat narkoba.

Wanita jebolan Uni Payakumbuh Tahun 2008 ini mengatakan bahaya narkoba di kalangan generasi muda Kota Payakumbuh yang semakin hari kian merajalela harus segera di tangani.
“Kondisi seperti ini tidak bisa kita biarkan, apalagi dengan menyaksikan saja dan menjadi penonton rusaknya generasi muda kita oleh ancaman narkoba,” ujar wanita kelahiran Payakumbuh ini.

Iyung yang juga aktif di Karang Taruna Kota Payakumbuh telah melaksanakan beberapa kegiatan dalam mengkampanyekan bahaya narkoba kepada masyarakat seperti penyuluhan bahaya narkoba di Karang Taruna yang ada di Payakumbuh Barat, Penyuluhan bahaya narkoba Kepada Kelompok Yasin dan organisasi masyarakat yang ada di Kecamatan Payakumbuh Barat.

“Didalam setiap penyuluhan yang dilakukan, Kita selalu menjelaskan tentang bahaya narkoba terutama jenis narkoba yang paling mudah didapatkan generasi muda adalah LEM, yang paling parahnya lagi harga dari LEM ini tergolong murah, bahkan anak-anak muda bisa mendapatkannya dari uang jajan mereka, dengan hal ini mereka bisa terus mengkonsumsi zat berbahaya ini tanpa henti,” ujar Alumni SMA N 1 Payakumbuh ini.

Sebagai Ketua Puti Bungsu yang merupakan bagian dari bundo kanduang Iyung juga melaksanakan kegiatan pendalaman ilmu adat kepada generasi muda, disana Iyung juga menyempatkan diri mengkampanyekan anti narkoba untuk mengajak pemuda dan pemudi agar menjauhi perbuatan-perbuatan yang akan menjurus kepada penyalahgunaan narkoba.

Iyung mengajak kepada generasi muda agar selalu mengadakan kegiatan dimasyarakat yang bersifat positif.
“Dengan mengadakan kegiatan seperti pencak silat, randai, dan tarian tradisional minangkabau, kegiatan seperti ini akan membuat kita terhindar dari hura-hura dan tidak sempat memikirkan untuk terjerumus dengan narkoba,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY