Beranda BERITA TERBARU Unik! Nila Kusuma Bangkit, Karang Taruna Nusa Indah Payobasuang Barandai Di Malam...

Unik! Nila Kusuma Bangkit, Karang Taruna Nusa Indah Payobasuang Barandai Di Malam Minggu

480
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Malam minggu yang biasanya kaum muda yang disebut sebagai kaum millenial Kota Payakumbuh mayoritasnya berbondong-bondong keluar rumah, kegiatan mereka pun sudah familiar di tengah masyarakat, pada dasarnya selalu kaum muda ini berkegiatan hanya hura-hura semata, sehingga dinilai tidak ada manfaatnya.

Berbeda dengan kaum muda di Kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur. Di bawah panji Karang Taruna ini mengisi malam minggunya dengan kegiatan positif yaitu “BARANDAI” sebagai bentuk strategi melestarikan adat dan budaya Minangkabau, Sabtu (14/3) malam.

Kegiatan Barandai ini dilaksanakan tepat pada halaman Balai Adat (Balai Kaco) Kenagarian Payobasuang, pada awalnya kegiatan oleh Karang Taruna Nusa Indah dijadikan sebagai Pilot Project yang diharapkan mampu membawa nilai-nilai positif ditengah-tengah masyarakat.

Faktanya, pada malam tersebut disaksikan ramai-ramai oleh masyarakat dan yang cukup menarik perhatian adalah banyaknya kaum muda yang mendominasi untuk melihat secara langsung alur demi alur cerita yang tersaji dalam cerita randai tersebut.

Pada kesempatan tersebut, M. Dares selaku Ketua Karang Taruna Nusa Indah menjelaskan kegiatan tersebut dapat membangkitkan serta menghidupkan kembali “RANDAI NILA KUSUMA” yang telah ada sejak dahulunya.

“Kita mengharapkan dengan kegiatan ini dapat terhindarnya kaum muda dari segala pengaruh negatif zaman yang membuat mundur norma kehidupan, kita ingin nilai-nilai budaya dan adat istiadat Minangkabau dapat ditonjolkan kembali,” pungkasnya.

Dan juga pada kegiatan tersebut turut hadir Ade Vianora, Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh sekaligus juga sebagai Lurah Payobasuang menuturkan dirinya sangat mensupport penuh kegiatan Randai ini.

“Randai Nila Kusuma telah vakum sejak tahun 2006, namun melalui Karang Taruna Nusa Indah bisa menghidupkan dan aktif kembali,” tegasnya.

Beliau juga mengharapkan Randai Nila Kusama ini dapat dijadikan salah satu (UEP) Usaha Ekonomi Produktif dan juga dapat dijadikan sebagai program unggulan pada Seksi (ROK) Rekreasi, olahraga, dan kesenian di Karang Taruna Nusa Indah Kelurahan Payobasuang. (Rel/FS)

LEAVE A REPLY