Beranda BERITA TERBARU Walikota Lantik Tim Saber Pungli Kota Padang

Walikota Lantik Tim Saber Pungli Kota Padang

555
0
BERBAGI

PADANG-maklumatnews.net–Telah di bentukanya Tim Satgas Saber (Sapu Bersih) Pungli (Pungutan Liar) Kota Padang, akan di laksanakan acara pelantikan Tim Satgas Saber Pungli di lantik oleh Walikota Padang.

Pada Hari Rabu, Tanggal 18 Januari 2017, Pukul 14.00 WIB. di Gedung pertemuan Bagindo Aziz Chan Kantor Balaikota Padang di Air Pacah

Sesuai dengan surat udangan yang di tanda tangani Sekretaris Daerah Kota Padang, Ir. H. Asnel, M.Si berharap agar seluruh Tim Satgas yang akan di lantik hadir tepat waktunya yang telah di tentukan tertera pada undangan tersebut.

Asnel katakan pelantikan Tim Satgas Saber Pungli sesuai dengan Surat Keputusan Walikota Padang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Pembentukan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Tahun 2017.

“Walikota Padang menimbang bahwa praktek pungutan liar merusak sendi kehiduapan masyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga peru upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif dan mampu menimbulkan efek jera, dalam upaya pemberantasan pungutan liar.

Perlu dibentuk satuan tugas sapu bersih pungutan liar, berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud perlu penetapan keputusan Walikota tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Tahun 2017”, Ujar Asnel

Disamping itu, Asnel menjelaskan rincian tugas : Unit Satuan Tugas Saber Pungli di antaranya:

1. Memeberikan rekomendasi pembentukan dan pelaksanaan tugas unit Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar di setiap instansi penyelenggara pelayanan publik.

2. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka pengumpulan data dan informasi pendukung kegiatan Unit Satuan Tugas.

3. Melaksanakan kegiatan pemetaan terhadap modus operandi yang dilaksanakan oleh oknum pelaku pungutan liar.

4. Melakukan kegiatan intelijen dalam rangka memperoleh bahan keterangan yang diperlukan

5. melakukan upaya-upaya pencegahan baik melalui sosialisasi, penyuluhan, pelatihan dan kegiatan lain dalam rangka mencegah terjadinya pungli.

6. melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efesein pada instansi/lembaga pemerintah yang ada di Kota Padang dan lembaga lain yang memberikan pelayanan publik.

7. melakukan upaya-upaya refresif (OTT) terhadap para pelaku pungli di seluruh istansi terkait yang memberikan palayanan publik

8. memberikan masukan dan saran kepada Ketua pelaksana berkaitan dengan pelaku yang sudah dilakukan penindakan serta tindak lanjutnya

9.Membentuk pelaksanaan pengamanan internal terhadap kegiatan penegakan hukum yang dilaksanakan oleh unit satuan tugas sapu bersih pengutan liar dari kemungkinan adanya upaya yang dapat melemehkan satuan tugas

10. melaporkan peaksanaan kegiatan unit satuan tugas kepada Walikota Padang secara periodik setiap bulannya atau sewaktu-waktu dalam hal yang bersifat khusus dan kontijensi melalui Wakapolresta Padang.

Asnel katakan semoga Tim Satgas Saber Pungli dapat laksanakan tugasnya sesuai dengan aturan yang berlaku, 10 poin rincian tugas diatas yang telah di tanda tangani Walikota Padang.

Susunan Pengurus Tim Saber Pungli, sesuai lampiran surat Keputusan Walikota Padang Nomor 16 tahun 2017 tentang Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Tahun 2017. Diantanya :

Walikota Padang : Peanangung Jawab
Wakapolresta Padang : Ketua Pelaksana
Inspektur Kota Padang : Wakil I
Kasi Intel Kajari Padang : Wakil II
Wadan Den POM ¼ : Wakil III
Kasi Pengawasan Polresta Padang : Sekretaris I
Kepala Kantor Kesbangpol Kota Padang: Sekretaris II dan seterusnya…….

(tf)

LEAVE A REPLY