Beranda BERITA TERBARU Walikota Riza Falepi Ingin Lurah Gandeng KPA Gelar Sosialisasi HIV/AIDS

Walikota Riza Falepi Ingin Lurah Gandeng KPA Gelar Sosialisasi HIV/AIDS

530
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Walikota Riza Falepi yang merupakan Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Payakumbuh memanggil Sekretaris KPA, Fahman Rizal untuk berkoordinasi di ruangan kerjanya, Kantor Balaikota Eks Lapangan Poliko, Senin (20/5) pagi.

Dalam koordinasi itu, Riza Falepi memberi mandat kepada Fahman untuk mengajak dan berkolaborasi dengan seluruh lurah yang ada di Kota Payakumbuh untuk menggelar Sosialisasi HIV/AIDS kepada masyarakat dan generasi muda bersama KPA.

Sebelumnya, kepada Walikota Riza, dilaporkan oleh Fahman untuk seluruh lurah yang ada di kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) sudah setuju dan menganggarkan sosialisasi HIV/AIDS dalam Alokasi Dana Kelurahan (ADK) yang mereka miliki. Bahkan Camat Latina David Bachri mendukung penuh kegiatan tersebut.

Tak berselang lama, saat mendampingi pilar-pilar berprestasi kota Payakumbuh mengikuti ekspose di tingkat provinsi di Hotel Rocky Padang, Senin (20/5) sore, Fahman yang saat itu bersama Lurah Koto Tangah Ade Vianora dan Subarang Batung Muhammad Rio Hidayat mendapat respon positif dari kedua lurah tersebut.

“Alhamdulillah, setelah menjelaskan program KPA dan pentingnya sosialisasi bagi masyarakat kepada lurah, mereka siap untuk mengajak KPA melaksanakan sosialisasi HIV/AIDS usai lebaran nanti,” ucap Fahman.

Lurah Koto Tangah Ade Vianora, ketika dikonfirmasi menyatakan siap untuk memberdayakan masyarakat melalui penganggaran ADK untuk kegiatan sosialisasi HIV/AIDS bersama Komisi Penanggulangan AIDS Kota Payakumbuh, menurut Ade dirinya juga telah memiliki rencana untuk menggelar kegiatan tersebut.

“Saya dan Pak Fahman langsung bersalaman saat tahu ternyata gayung itu bersambut, kami dari Kelurahan Koto Tangah siap memberikan yang  terbaik untuk masyarakat, semoga dengan kegiatan ini dapat menambah wawasan masyarakat tentang bahaya Virus HIV dan bagaimana cara terhindar dari penularannya,” ujar Ade mantap.

Senada, Lurah Subarang Batuang, Muhammad Rio Hidayat mendukung penuh KPA dan akan menggandengnya, menurut lurah yang karang tarunanya berprestasi ini, sosialisasi bersama KPA dapat menjadi benteng bagi generasi muda dalam menghadapi tantangan bahaya Virus HIV/AIDS yang dapat mengancam keselamatan.

“Saya support penuh, dalam salah satu pemberdayaan melalui ADK, kami siap menjadi penopang kegiatan KPA, disamping itu apa yang diinstruksikan oleh walikota menjadi tugas bagi kami dan akan kami laksanakan dengan baik agar masyarakat dapat merasakan manfaat dari program pemerintah,” ujar Rio.

Ditempat terpisah, Camat Payakumbuh Barat, Kefrinasdi, S.Sos ikut mengapresiasi duo lurah yang telah bersedia menggandeng KPA untuk memberdayakan masyarakat, camat mengatakan meskipun penyusunan ADK sudah rampung, namun camat mengatakan hal tersebut bukan masalah, KPA masih bisa digandeng dalam sosialisasi masalah kesehatan yang sudah ada dalam ADK tiap kelurahan.

Apa salahnya kalau kita bawa KPA untuk menambah pengetahuan warga? Kami ingin juga agar sosialisadi bersama KPA untuk tahun depan bisa dimasukkan dalam ADK kelurahan, sebagai camat, kita sangat mengapresiasi lurah yang peduli dengan bahaya HIV/AIDS, untuk itu dari kecamatan akan membantu dengan bersama dinas kesehatan dan puskesmas setempat,” pungkas Camat. (FS)

LEAVE A REPLY