Beranda BERITA TERBARU Wartawan Nyaleg Di Payakumbuh, Inspirasinya Dari Tokoh Besar

Wartawan Nyaleg Di Payakumbuh, Inspirasinya Dari Tokoh Besar

518
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Sama seperti Pemilihan Anggota Legislatif (Anggota DPRD.red) sebelumnya, Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) tahun 2019 juga diikuti berbagai masyarakat dari latar belakang beragam, mulai dari Pensiunan PNS/ASN, Tokoh Agama, Penggerak Sosial, Bundo Kandung, Tokoh Adat bahkan juga Wartawan yang selama ini dikenal sebagai “Parlemen Jalanan” yakni profesi yang kerap menyuarakan ketimpangan dan kontrol sosial ditengah-tengah masyarakat. Pada Pileg sebelumnya (tahun 2014) sejunlah wartawan yang bertugas di Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota) juga ikut ambil bagian untuk mencalonkan diri sebagai Wakil Rakyat, hasilnya dari belasan orang tersebut memang ada yang dipercaya dan terpilih sebagai anggota DPRD Kota Payakumbuh.

Kini, dalam Pileg tahun 2019 yang bersamaan dengan Pilpres (Pemilihan Presiden.red) sejumlah wartawan kembali mencalonkan diri. Mereka juga berasal dari beragam Media, baik Media Cetak, Media Elektronik (TV) serta media Daring (Online). Salah satunya adalah Edwardi, Mantan Kontributor TVRI Sumatera Barat itu mencalonkan diri di Partai Hanura di Partai nomor urut 13 itu ia berada di urutan 3 Daerah Pemilihan (Dapil) 1 yang meliputi Kecamatan Payakumbuh Barat. Selama menjadi Kontributor TVRI yang meliputi wilayah penugasan Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, Alumni SMEA Negeri (SMK N 1 Payakumbuh) itu kerap melakukan kontrol sosial terhadap berbagai hal, baik pembangunan jalan, lingkungan, penyakit masyarakat serta membantu menyuarakan kegelisahan warga miskin yang membutuhkan uluran tangan untuk biaya berobat.

Kini bapak dua orang putra yang merupakan suami dari seorang Ibu Rumah Tangga bernama Rahma Dona itu mencoba menyuarakan dan memperjuangkan berbagai persoalan masyarakat lewat jalur Politik, Alumni SMP 7 Subarang Batuang (kini SMP N 6) yang juga Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Kota Payakumbuh mencoba peruntungan sebagai Calon Anggota DPRD Kota Payakumbuh. Dengan mencalonkan diri sebagai Wakil Rakyat, ia berharap suara-suara atau aspirasi masyarakat selama ini yang ia suarakan lewat berita dapat lebih maksimal tersampaikan dan terpenuhi.

Menurut pria kelahiran tahun 1981 itu, selain untuk Penyambung lidah masyarakat dalam menyuarakan berbagai kepentingan, ia “Nekad” mencalonkan diri ditengah keterbatasan uang yang ia miliki untuk biaya berkampanye karena Terinspirasi dengan Ustad Abdul Somad (UAS) yang pernah memberikan ceramah agama dan diunggah di Youtube. Dalam Ceramahnya Ustad yang pernah beberapa kali datang ke Payakumbuh itu mengatakan bahwa dengan kekuatan yang dimiliki seorang anggota DPRD bisa mencegah kemungkaran dan berbuat kebaikan untuk masyarakat.

” Iya, Ustad Abdul Somad pernah berceramah yang isinya mengatakan bahwa lewat kekuasan baik di eksekutif maupun legislatif bisa bisa dilakukan perubahan kepada hal yang lebih baik, untuk itu saya mencoba ikut dalam Pileg tahun 2019 ini.” sebut Ayah dari Esha Tegar Putra dan Fadlan Al-Gifahri tersebut, Senin 1 April 2019 di Kawasan Koto Nan IV.

Caleg yang juga Sekretaris Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Payakumbuh itu juga mengatakan bahwa jika ia terpilih sebagai anggota DPRD Kota Payakumbuh periode 2019-2024 ia berharap bisa berbuat yang terbaik untuk Kota dan Masyarakat Payakumbuh, terutama dalam menyuarakan kepentingan dan aspirasi masyarakat.

” Seperti yang telah kami lakukan bersama kawan-kawan wartawan yang lain, kami melakukan kontrol terhadap Pemerintah, menyampaikan aspirasi masyarakat melalui pemberitaan, Mudah-mudahan kedepan bisa lebih baik.” ujarnya.

Dalam mengkampanyekan diri, Ed panggilan akrab Edwardi selain memasang Alat Peraga Kampanye (APK) berupa Spanduk, juga membagi-bagikam Kartu Nama, Stiker dan Brosur. Ada yang menarik di beberapa Spanduk dan Stiker ataupum brosur yang dibagikan ke Masyarakat tersebut, jika Caleg lain pada umumnya lebih menonjolkan diri dan visi serta misi jika terpilih sebagai anggota DPRD, pria yang tinggal di Kelurahan Daya Bangun itu justru memajang cerita inspiratif / edukasi. Dalam Spanduk atau brosur maupun selebaran yang dibagikan menceritakan bagaimana sakitnya hati seorang ibu jika dibentak seorang anak, dalam cerita tersebut diceritan bahwa sakitnya dibentak seorang anak lebih sakit daripada saat melahirkannya.

” Untuk mengkampanyekan diri saya memang memilih cara berbeda, dalam spanduk, brosur maupun Stiker yang saya buat memang ada pesan tersendiri yang ingin saya sampaikan bahwa orang tua sangat berarti jadi hormati dan hargailah orang tua kita masing-masing. Namun begitu dalam spanduk atau brosur saya juga tetap minta doa dan dukungan agar dipilih masyarakat Kecamatan Payakumbuh Barat sebagai wakil mereka di DPRD Kota Payakumbuh nantinya.” ujarnya.

Dalam mengkampanyekan diri dan meraih dukungan masyarakat, Edward tak sendiri, selain dibantu sejumlah sahabat juga melibatkan Sang Istri, Rahma Dona. Wanita asal Taeh Baruah Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota itu bahkan turun langsung door to door kerumah warga.

” Tentu peranan istri sangat penting, Mudah-mudahan dengan dukungan dari Istri bisa memberikan yang terbaik.” sebutnya.

TAK ADA NOMOR SIAL

Sementara jika dikaitkan dengan Mitos yang selama ini mengatakan bahwa angka 13 adalah nomor sial, ia justru tidak sependapat.

” Saya tidak setuju jika ada yang mengatakan angka 13 adalah angka sial, apalagi jika dikait-kaitkan dengan nomor urut Partai Hanura nomor 13. Semua tentu tergantung usaha dan ridha dari Allah. Mudahan dibawah kepemimpinan Ketua DPD Partai Hanura Propinsi Sumatera Barat, Pak Marzul Veri Hanura makin dicintai.” Tutupnya.

Ditempat terpisah, Rino Chandra salah seorang rekan Edwardi mengapresiasi dengan kembali majunya sejumlah wartawan yang ia sebut sebagai “Parlemen Jalanan” dalam Pemilu Serentak Tahun 2019, sebab selama ini wartawan kerap menjadi perpanjangan tangan masyarakat dalam melakukan kontrol sosial dan penyampaian aspirasi mereka.

” Kita dukung dan apresiasi kawan-kawan wartawan yang ikut dalam Pemilu Serentak Tahun 2019 ini, khusus buat Edwardi saya mendukung dan berharap ia bisa terpilih nantinya.” sebut Wartawan Minangkabaunews.com itu, Senin 1 April 2019 di Balai Wartawan (BW) Luak Limopuluah di Komplek Kantor Bupati Lama di Pusat Kota Payakumbuh. (Tim)

LEAVE A REPLY