Beranda BERITA TERBARU Wawako Padang Emzalmi Hadiri Maulid Nabi di Mesjid Al Munawarah

Wawako Padang Emzalmi Hadiri Maulid Nabi di Mesjid Al Munawarah

411
0
BERBAGI

PADANG, MAKLUMATNEWS-Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si. Menyampaikan, Nabi Muhammad salallahu alaihi wasallam adalah seorang nabi dan rasul bagi umat Muslim. Ia menyebaran ajaran Islam untuk seluruh umat manusia, dan mewariskannya pada pemerintahan yang tunggal, yaitu Islam. Di Mesjid Al Munawwarah, Kalumbuk, Kelurahan Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji.(Minggu,17/12/2017)

Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si. Menyampaikan, diriwayatkan pada usianya yang ke 40, nabi Muhammad salallahu alaihi wasallam didatangi Malaikat Jibril dan menerima wahyu pertamanya dari Allah swt, dan ia menyatakan dirinya sebagai utusan Allah swt.

Dan juga disebutkan juga dalam Al-Qur’an yang berbunyi :

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ ٱللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌۭ لِّمَن كَانَ يَرْجُوا۟ ٱللَّهَ وَٱلْيَوْمَ ٱلْآخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيْرًا
“Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”[Al Ahzab : 21]

Nabi Muhammad salallahu alaihi wasallam memiliki akhlaq dan sifat-sifat yang sangat mulia, oleh karena itu hendaklah kita mempelajari sifat-sifat Nabi seperti Shiddiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh, Ujarnya Wawako

Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si. Menyampikan, Rasulullah terkenal dengan kebaikannya yang tiada tara kepada siapapun tanpa pandang bulu, baik itu terhadap orang yang menghinanya, bahkan musuhnya sekalipun. Hal ini lah yang menjadikan beliau patut menjadi teladan bagi seluruh Umatnya.

Meskipun Beliau terkenal garang ketika di medan perang, gagah dalam menghadapi musuh-musuh Allah swt, namun ada sifat Pemalu dalam diri Beliau.

Sifat pemalu disini dapat dimaknai bahwa Beliau selalu malu dalam berbuat hal yang berdosa, berbuat maksiat, berbuat kedzoliman, dan kejahatan lainnya.

Nabi Muhammad salallahu alaihi wasallam terkenal tegas dalam hal agama dan kedisiplinan kepada Allah swt, namun Beliau juga memiliki sifat yang sangat lemah lembut, terlebih kepada anak yatim, wanita, dan orang yang kurang mampu. Walaupun terhadap orang yang non-islam

Inilah gaya hidup yang harusnya bisa kita contoh dari Beliau. Walaupun ia menjadi pemimpin umat muslim ketika itu, ia terkenal sangat sederhana, karena ia mengajarkan kepada kita untuk tidak hidup secara berlebihan.

Diriwayatkan bahwa Beliau tidur hanya menggunakan alas yang terbuat dari pelepah kurma, yang menyebabkan punggungnya bergaris ketika beliau bangun, Ujar Wawako Padang.

Ustad Suherdi Malay S.Pd.i Menyampaikan, hatinya yang sangat mulia mengajarkan kita untuk rendah hati kepada siapapun, mulai dari orang-orang yang memiliki pendidikan diatas kita, sampai orang-orang yang berada dibawah kita.

Pemaaf salah satu sifat yang menonjol dari Beliau. Mulai dari orang terdekatnya, sampai orang yahudi ketika melemparinya dengan kotoran.

Rasa kasih sayang ialah salah satu sifat yang menjadikan beliau sukses dalam menyebarkan ajaran islam, Beliau terkenal penuh kasih sayang ke semua orang, terutama kepada fakir miskin dan anak yatim, bahkan kepada binatang sekalipun.

Tersenyum sifat Rasulullah salallahu alaihi wasallam yang kita pikir mudah untuk melakukannya. Tapi bila kita berfikir kembali ternyata tidak semudah ketika kita tahu perjuangan beliau saat itu.

Inilah salah satu prinsip Beliau yang paling kuat, ketika Beliau masih merasa mampu melakukan sesuatu sendiri, maka Beliau tidak akan pernah meminta bantuan kepada orang lain.

Hal inilah yang paling sering kita lupakan ketika suatu saat kita diperlakukan jahat oleh orang lain. Padahal beliau mengajarkan kepada kita untuk bersabar.

Dalam kisahnya beliau juga diceritakan, setiap hari Beliau tetap menyuapi seorang wanita tua yang tidak pernah berhenti menghinanya.

Karena kesabaran dan kebaikan hati beliau, Allah SWT kemudian membukakan hati wanita tua tersebut untuk masuk islam dan tersebar luasnya ajaran islam sampai ke pelosok Nusantara.

Walaupun tiada manusia yang sempurna, sekalipun seorang Rasulullah salallahu alaihi wasallam. Namun dengan ketidak sempurnaan itulah manusia bisa mempu terlihat sempurna di mata sesamanya, karena pada hakekatnya kesempurnaan hanya milik Allah SWT semata, Ujarnya Suherdi Malay.

Muhammad Topan Selaku Ketua Pengurus Mesjid Al Munawwarah mengatakan, masyarakat kalumbuk mendukung penuh Emzalmi-Desri menjadi Walikota Padang Dan Wakil Walikota Padang 2018.

Muhammad Topan mengatakan,
menjelang Pemilu 2018 ini. Masyarakat tidak boleh diam atau menjadi penonton. Partisipasi aktif dari masyarakat sangat dinantikan. Selama ini, partisipasi masyarakat dalam demokrasi di era reformasi hanya diarahkan sampai ke kotak suara. Seolah-olah dengan memberikan suara dalam pesta demokrasi tersebut, akan hadir pemimpin pro-masyarakat.

Pernyataan-pernyataan seperti “jangan salah pilih”, “pilihlah yang terbaik di antara yang buruk”, “suara anda menentukan masa depan anda”, dan sebagainya, memang ada benarnya. Namun, itu bukan jaminan. Bagaimana jika politisi yang dicalonkan tidak ada yang benar-benar mewakili masyarakat (buruh, petani, nelayan, pedagang kecil, dan kaum miskin)? Apakah masyarakat sebaiknya memilih juga?

Tetapi yang terpenting adalah bukan hanya soal memilih atau tidak memilih, tetapi bagaimana masyarakat mengawasi jalannya demokrasi. Dalam mencari pemimpin pro-masyarakat, Masyarakat harus berpartisipasi menghadirkan dan mengawasinya secara mandiri. Dalam menentukan pilihan, masyarakat harus mengetahui betul siapa yang dipilihnya. Ujarnya dengan Tegas Suherdi Malay. (Red/Radar)

LEAVE A REPLY